Sunday 12 April 2015

Cara Mematikan Komputer Secara Otomatis

Cara Mematikan Komputer Secara Otomatis | Saat kita menggunakan komputer pada malam hari, tak jarang kita tertidur sebelum komputer di matikan. Untuk sebagian komputer hal ini tidak bermasalah, karena beberapa komputer itu telah dilengkapai dengan sistem shutdown otomatis saat beberapa waktu (jam) tidak digunakan, namun bagi komputer yang belum dilengkapai dengan sistem shutdown otomatis. hal ini tentu dapat memberikan danpak tersendiri, seperti RAM komputer yang terus terpenuhi, prossesor yang terus bekerja dan tentunya daya listrik yang terbuang dengan sia - sia.



Tidak itu saja, Cara mematikan komputer secara otomatis juga sangat membantu anda pada saat anda sedang terburu-buru, misalnya anda sedang mendownload file cukup besar dan penting dari internet sedangkan anda harus pergi pergi ke sekolah/ kerja, disinilah fungsi utama dari dari trik ini.

Lantas bagaimana cara mematikan komputer secara otomatis itu?, Untuk melakukan hal ini sebenarnya cukup mudah, anda hanya tinggal memanfaatkan softwere shutdown.exe yang bekerja di belakang layar komputer, Nah untuk menjalankan program ini anda dapat mengaksesnya melalui perintah pada CMD, berikut caranya:

1. Pertama klik tombol [start] + [R] secara bersamaan.
2. Setelah anda mengklik kedua tombol diatas, maka akan muncul windows run pada layar komputer
3. Sekarang silahkan ketik perintah “shutdown -s -t 3600” (tanpa tanda kutip) pada kolom yang tersedia.
4. Lalu klik OK atau enter. 

Keterangan:
1. “suddown” adalah perintah untuk memanggil SW shuttown.exe,
2. “-s” adalah perintah untuk menjalankan “shutdown”,
3. “-t” adalah Timer (jangka waktu) komputer akan melakukan perintah “-s” (shutdown),
4. “3600” adalah waktu/ scond, ita bisa menyettingnya sesuai kebutuhan.

Nah demikianlah postingan kali tentang tutorial “cara mematikan komputer secara otomatis”, semoga tutor ini mudah dipahami dan bermanfaat bagi kita semua, Sekian terimakasih.


0 comments:

Post a Comment