Sunday 12 April 2015

Cara Mengatasi Masalah Shutdown dan Restart Pada Windows 8

Windows 8 merupakan salah satu sistem windows yang sekarang ini banyak digunakan dalam berbagai gadget. Tidak hanya di laptop atau PC saja yang menggunakan Windows 8 api di tablet PC atau gadget yang lainnya juga sudah banyak yang menggunakan windows 8. Dalam penggunaan windows 8 ini dalam keseharian ternyata tidak selancar yang dibayangkan Anda semua, banyak masalah dapat muncul dari sistem windows 8 ini. Masalah yang sering dan banyak dikeluhkan oleh pengguna windows 8 adalah restart dan juga shutdown. Sering kali pengguna windows 8 mengalami masalah restart pada saat layar sedang login dan masalah shutdown ada saat reboot untuk shutdown, layar sering kali mengalami hang.


Masalah hang pada layar pada saat shutdown maupun restart disebabkan karena dalam windows 8 mempunyai sistem yang berbeda dengan sistem windows yang lainnya. Fitur baru Hybird shutdown yang ada dalam windows 8 merupakan pemicu utama alasan munculnya masalah restart dan shutdown ini. Fitur baru yang digunakan ini berfungsi untuk mengurangi waktu total pada saat stratup. Cara kerja fitur ini yaitu tidak menutup sistem secara lengkap tapi hanya menghibernate sistem tersebut. Bagi Anda yang mempunyai masalah restart dan shutdown pada windows dalam, dapat mengikuti langkah-langkah berikut ini untuk mengatasi masalah tersebut.

1. Jika Anda dalam posisi layar mulai baru ketik kata “power”, maka secara otomatis windows akan melakukan pencarian dan menunjukkan hasilnya.

2. Jika Anda pada posisi desktop akses charm bar baru dengan cara memindahkan kursor pada bagian pojok kanan atas desktop kemudian klik menu pencarian dan ketikkan kata “power”.

3. Setelah itu klik link menu pengaturan atau setting yang berada di kanan sidebar halaman dari hasil pencarian tadi, kemudian klik link “Change what the power button do” yang ada pada side bar sebelah kiri, link ini muncul setelah Anda mengklik setting atau pengaturan.

4. Dengan klik link “Change what the power button do” akan memunculkan jendela dari power options. Anda juga dapat membuka jendela ini dengan cara membuka dialog RUN kemudian ketikkan powercfg.cpl setelah itu tekan enter. Dengan begitu akan muncul beberapa link di sidebar kiri dan salah satunya yaitu “Change the power button do”

5. Setelah masuk pada jendela dari power options lihat beberapa menu yang ada di dalamnya. Salah satu opsinya yaitu “Turn on fast startup (recomended)”, non aktifkan opsi ini dengan cara menghilangkan centangnya. Jika link opsi “Turn on fast startup (recomended)” tidak muncul Anda dapat mengakses link “Change setting that are currenty unavailable.

6. Langkah selanjutnya yaitu merestart PC Anda.
Sebagai catatan jika cara tersebut tidak berhasil Anda dapat mencoba cara lain yaitu dengan menjalankan perintah opsi yang sama dari menu Win + X: bcdedit/set disabledynamictick. Cara ini merupakan cara alternatif jika Anda tetap mengalami masalah hang pada saat restart dan juga shutdown. Sekarang tidak perlu risau lagi jika Anda mempunyai masalah tentang shutdown dan restart pada windows 8 Anda.

Demikianlah tips Cara Mengatasi Masalah Shutdown dan Restart Pada Windows 8 semoga masalah  anda bisa teratasi ya


0 comments:

Post a Comment