Sunday 12 April 2015

Cara mengatasi ikon network connection yang hilang

Cara mengatasi ikon network connection yang hilang berikut ini akan dibahas. Biasanya ketika kita sedang menginstal atau melakukan upgrade driver network pada adapter baru di  PC atau komputer, ada saja masalah yang kita hadapi seperti munculnya tanda peringatan pada ikon network adapternya sendiri di dalam sistem tray, meskipun biasanya masih bisa terhubung ke jaringan internet secara normal. Namun, daftar dan ikon network pada adapter tiba-tiba saja menghilang ketika kita membuka file dari network connections.


Masalahnya adalah biasanya cache yang disimpan dalam windows yang berasal dari registry konfigurasi jaringan adapter mengalami kerusakan. Nah, adapun cara mengatasi ikon network connection yang hilang tersebut adalah dengan cara berikut ini : 

1. Cobalah ketik regedit pada start di menu RUN atau bisa juga melalui kontak pencarian lalu tekan Enter. Dengan ini maka registry editor akan membuka.

2. Cobalah untuk masukan key pada sistem berikut ini: HKEY_LOCAL_MACHINE\SYSTEM\Current\ControlSet\Control\Network

3. Pilih kunci binary yang bertuliskan "config" yang terdapat di panel sebelah kanan, lalu tekan tombol "delete" untuk menghapusnya. Anda tak usah khawatir setelah menghapus kunci tersebut karena window secara otomatis akan mengembalikannya setelah kita melakukan restart komputer. Nah, fungsi dihapusnya kunci "config" ini agar cache pada konfigurasi menjadi bersih.

4. Setelah keyword tadi kita hapus, Anda bisa menutup jendela registry editor, lalu buka kembali folder network connections, dan juga network adapter secara otomatis akan tampil kembali seperti semula dan window pun tidak akan terjadi masalah lagi.

Itulah cara mengatasi ikon network connection yang hilang jika Anda pernah mengalami hal serupa seperti di atas.

Namun, jika network adapter atau icon di  network connection masih belum muncul juga, Anda bisa menggunakan cara mengatasi ikon network connection yang hilang dengan cara  menjalankan CMD (command prompt) lalu buka pada menu run, setelah itu ketik cnd sehingga muncul tampilan berwarna hitam yang biasa disebut dengan command prompt.

1. Cobalah ketik ''regsvr32 netshell.dll" (diketik tanpa menggunakan tanda kutip) lalu tekan enter dan akan muncul kotak notification sukses lalu klik OK.

2. Ketik "regsvr32 netcfgx.dll" lalu tekan enter setelah itu klik OK
.
3. Ketik lagi "regsvr32 netman.dll" tekan enter dan klik OK.

Tutup area COMMAND prompt yang tadi kemudian mulai masukan ke area network connection, jika masih saja belum muncul, Anda bisa melakukan refresh network connection dengan cara tekan F5. Nah, jika caramengatasi ikon network connection yang hilang tersebut masih tidak berpengaruh dan network connection belum muncul juga maka Anda bisa lakukan restart komputer. 




0 comments:

Post a Comment