Sunday 12 April 2015

Cara Mengatasi Komputer yang Sering Mati Sendiri

Cara Mengatasi Komputer yang Sering Mati Sendiri | Komputer mati sendiri saat sedang mengerjakan sesuatu yang penting?, wah pasti sangat menyebalkan bukan! Selain menghambat pekerjaan anda, komputer yang mati dengan tiba-tiba juga mengidentifikaskan bahwa ada permasalhan pada sistem komputer itu sendiri, baik itu dari perangkat lunak maupun dari perangkat kerasnya. Nah bagi anda yang mempunyai permasalahan ini dan ingin mengatasinya sendiri, mungkin beberapa tips dibawah ini dapat menjadi referensi untuk anda coba.


Cara Mengatasi Komputer yang Sering Mati Sendiri
1. Cek Hardwere

Cek hardwere penting untuk anda lakukan jika komputer anda sering mengalami kejadian mati secara tiba-tiba. Biasanya pada setiap kegagalan komponen (perangkat keras) pada komputer akan membuat daya listrik terputus tanpa memberkan peringatan dini. Begitu juga pada saat anda menambahkan komponen hardwere baru pada komputer. Untuk melihat permasalahan ini caranya adalah dengan memeriksa Device Manager pada komputer, jika ditemukan ada hardwere konflik (bermasalah) sebaiknya anda melepaskan atau mengganti perangkat tersebut.

2. Komputer Overheat
Overheat atau panas maksimal juga dapat menyebakan komputer mengalami kondisi mati dengan sendirinya, penyebabnya adalah penggunaan penggunaan komputer dalam jangka waktu yang cukup lama. Hal ini sebenarnya bagus guna menjaga komponen utama komputer (seperti prossesor) agar tidak mengalami kerusakan akibat terbakar. Nah untuk mengatasi permasalahan ini anda dapat anda dapat melakukan beberapa tips berikut:
- Pertama periksalah kipas angin pada power supply (biasanya terletak di bagian belakang), pastikan bahwa kipas tersebut berputar dengan normal. Jika anda mendapati kipas tersebut penuh dengan debu, sebaiknya anda membersihkannya dengan tissu tipis secara perlahan.
- Setelah itu silakan masuk ke sistem BIOS, pastikan BIOS tidak ada melaporkan kesalahan apapun. Perhatikan juga letak dari aluminium pendingin, sebab jika posisi pendingin tidak tepat, overhead akan lebih mudah terjadi.

3. Masalah System Oprasi

Jika anda telah mengikuti setiap rekomendasi yang tertera di atas, namun komputer Anda masih terus mengalami kondisi mati dengan sendirinya, kemungkinan anda mengalami masalah pada sistem operasi. Bisa jadi ada beberapa komponen yang tak terhubung dengan baik dengan sistem oprasi yang sedang anda gunakan. Untuk membantu memastikan permasalahan ini, sebaiknya anda mengikuti beberapa langkah berikut ini.

- Reboot komputer anda, lalu masuk ke CMOS setup.
- Setelah Anda telah membuka komputer di CMOS setup, diamkan komputer beberapa saat.
- Jika komputer tidak mati dalam beberapa waktu, maka artinya dia bisa bertahan jalan pada BIOS, dari sini bisa dipastikan bahwa penyebab dari permasalahan anda ada pada Sistem Operasi yang anda gunakan.
- Untuk mengatasinya silahkan install ulang system operasi anda atau ganti dengan sistem operasi yang lain.


Nah demikianlah pembahsan kali ini tentang "Cara Mengatasi Komputer yang Sering Mati Sendiri | Tips Komputer", semoga pembahasan kali ini mudah dipahami dan bermanfaat bagi kita semua. Sekian terimaksih.


0 comments:

Post a Comment